Ir para o conteúdo
Mostrar cesto Esconder cesto
Voltar a Pengertian dari GBHN
Tela cheia

Cara Budidaya Tanaman Kunyit

26 de Março de 2019, 13:56 , por Assyfa - 0sem comentários ainda | Ninguém está seguindo este artigo ainda.
Visualizado uma vez

Cara Budidaya Tanaman KunyitDi Indonesia, budidaya tanaman kunyit terbesar terdapat di Jawa tengah dengan jumlah produksi hingga 12.323 kg/ha. Kunyit pada daerah Jawa rata-rata digunakan untuk bahan utama obat tradisional (misalnya jamu), kosmetik, bumbu dapur, dan bahan pangan peternakan. Kunyit juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh, sehingga tidak heran konsumen tanaman ini selalu meningkat. Kunyit bermanfaat sebagai anti inflamasi (peradangan), rheumatoid arthritis (peradangan sendiri kronis), mencegah kanker, meningkatkan antioksidan, meningkatkan fungsi hati, mengurangi resiko leukimia, melindungi kardiovaskular, dan mencegah alzaimer.anaman kunyit merupakan tanaman herbal yang juga populer sebagai bumbu dapur, sehingga mebuat harga kunyit di pasaran cenderung stabil. Tanaman kunyit berbatang semu, tegak, bulat, serta basah, tinggi batangnya dapat mencapai 40-100 cm, daun tersusun dari pelepah daun, dan membentuk rimpang berwarna hijau kekuningan.

Tanah yang sudah dicangkul dengan baik akan menghasilkan umbi kunyit yang juga melimpah. Tanaman kunyit sangat ideal ditanam pada tanah yang ringan dengan bahan organik yang tinggi atau tanah lempung berpasir yang terbebas dari genangan air / sedikit basa. Untuk mendapatkan hasil umbi kunyit yang terbaik, ada beberapa syarat pertumbuhan pada tanaman ini yang harus dipenuhi, seperti faktor iklim dan media tanam. Berikut penjelasannya :

Syarat pertumbuhan tanaman kunyit dibagi menjadi dua, yaitu :

a.      Iklim

·        Tanaman kunyit baik ditanam dengan cahaya matahari yang cukup serta tidak tergenang air.

·        Pertumbuhan yang baik pada tanaman ini adalah dengan curah hujan 1000-4000 mm per tahun.

·        Suhu yang baik untuk tanaman ini adalah 19-30 derajat celcius.

b.      Media tanam

·        Sediakan tanah yang subur, gembur, serta mengandung banyak bahan organik

·        Tanaman ini baik ditanaman ada ketinggian 240 mdpl – 2000 mdpl. Produksi optimal dicapai pada ketinggian 45 mdpl.

Setelah mengetahui adanya dua syarat penanaman pada kunyit yang harus dipenuhi, maka terdapat beberapa teknik yang dapat dilakukan agar budidaya tanaman kunyit tidak gagal panen atau rusak, yaitu :

  1. Teknik Penyulaman

Jika terdapat rimpang kunyit yang pertumbuhannya tidak baik atau rusak, maka dapat dilakukan penyulaman (penanaman susulan) dengan rimpang lain yang masih segar dan sehat.

  1. Teknik Penyiangan

Teknik penyiangan pertama kali dilakukan ketika rimpang kunyit telah berusia 15 hari dan dilakukan sebanyak 3-5 kali dalam satu periode penanaman. Teknik penyiangan merupakan pembersihan hama yang berada disekitar tanaman kunyit agar zat penting di dalam tanah bisa didapatkan oleh tanaman kunyit dengan optimal. Selain itu, pada teknik ini juga dilakukan penggeburan pada tanah.

  1. Teknik Pembubunan

Teknik pembubunan dilakukan untuk menimbun kembali daerah perakaran dengan tanah yang terbawa air. Teknik ini wajib dilakukan sekitar 3-4 bulan sekali untuk memastikan tanah yang berada di kunyit tidak hilang. Pembubunan bermanfaat untuk memberikan kondisi media sekitar perakaran yang lebih baik.

  1. Teknik Pemupukan

Pemupukan yang dilakukan sebaiknya adalah pemupukan yang tidak mengandung bahan kimia, yang berarti menggunakan pupuk dari kotoran atau limbah organik, seperti pupuk kompos.

  1. Teknik Pengairan atau Penyiraman

Proses ini dilakukan untuk memastikan tidak adanya genangan di sekitar tanaman kunyit agar rimpang kunyit tidak membusuk. Karena pada dasarnya, tanaman ini merupakan tanaman yang tidak tahan terhadap air disekitarnya.

  1. Pestisida

Pemberian pestisida terkadang diperlukan untuk menjaga tanaman kunyit secara teratur sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan dalam penggunaannya.

  1. Teknik Pemulsaan

Teknik pemulsaan dengan jerami merupakan teknik yang membuat tanaman ini tidak kekeringan air di dalam tanah serta menghalau hama untuk berada disekitar tanaman.

 


0sem comentários ainda

    Enviar um comentário

    Os campos são obrigatórios.

    Se você é um usuário registrado, pode se identificar e ser reconhecido automaticamente.

    Cancelar

    Assyfa

    0 amigos

    Nenhum(a)