Ir para o conteúdo
Mostrar cesto Esconder cesto
Voltar a Pengertian dari GBHN
Tela cheia

Pengertian, dan Jenis Siklus Air

8 de Dezembro de 2018, 6:17 , por Assyfa - 0sem comentários ainda | Ninguém está seguindo este artigo ainda.
Visualizado 14 vezes

Pengertian, dan Jenis Siklus Air - Air adalah sebuah sumber daya alam yang memiliki sifat mudah untuk diperbarui.

Nah terkait dengan air yang ada pada permukaan Bumi ini, melalui artikel ini kami akan membahas tentang definisi, jenis dan proses siklus air dimana diharapkan nantinya bisa menjadi bahan renungan dan bacaan yang bermanfaat bagi para siswa / wi.

Ilmu Biologi yang mengkhusus mempelajari tentang siklus air adalah terfokus kepada sumber daya alam yang memiliki sifat cukup penting terhadap kelangsungan daur hidup makhluk hidup di Bumi ini.

Dimana diketahui bahwa air memang dibutuhkan sekali di Bumi ini karena merupakan media untuk membantu makhluk hidup di dalam melakukan beragam aktivitas dari skala besar hingga ke skala kecil seperti mencuci, memasak dan lain sebagainya. Maka dari itu air memiliki kedudukan yang sangat vital.

Jenis – Jenis Siklus Air

Jenis Siklus air di permukaan Bumi mempunyai banyak jenis diantaranya adalah sebagai berikut :

Siklus Hidrologi Pendek / Siklus Kecil

Ini adalah jenis siklus air yang pertama yaitu merupakan siklus ‘hidrologi’ pendek atau kecil dimana siklus yang terjadi adalah paling sederhana karena hanya melibatkan / mengaplikasikan beberapa tahapan saja antara lain :

1/Tahapan awal dimana sinar Matahari akan secara langsung mengenai sumber – sumber air pada permukaan Bumi yang menyebabkan sumber air tersebut mengalami penguapan.

2/Tahapan kedua adalah terjadinya proses penguapan yang menyebabkan terjadinya proses ‘kondensasi’ sehingga selanjutnya akan membentuk awan yang banyak mengandung uap air.

3/Tahapan ketiga adalah awan akan mengalami proses kejenuhan sehingga turunlah hujan pada permukaan laut di Bumi.

4/Tahap terakhir adalah berhubungan dengan hujan yang secara langsung terjadi di atas permukaan laut sehingga tak ada lagi tahapan pengaliran air menuju ke laut. Air hujan yang turun secara langsung ke permukaan laut akan bercampur dengan air laut lalu kembali mengalami siklus air dari tahap awal.

Baca Juga :


0sem comentários ainda

    Enviar um comentário

    Os campos são obrigatórios.

    Se você é um usuário registrado, pode se identificar e ser reconhecido automaticamente.

    Cancelar

    Assyfa

    0 amigos

    Nenhum(a)