Ir para o conteúdo
Mostrar cesto Esconder cesto
Voltar a Pengertian dari GBHN
Tela cheia

Pengertian dan Peranan Nematoda

1 de Fevereiro de 2019, 11:45 , por Assyfa - 0sem comentários ainda | Ninguém está seguindo este artigo ainda.
Visualizado uma vez

Pengertian dan Peranan Nematoda - Pengertian Nematoda adalah sejenis cacing yang berbentuk bulat panjang (gilik) atau seperti benang.  Istilah Nematoda awalnya diambil dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata yaitu nema yang berarti berenang dan ode yang berarti seperti. Nematoda merupakan hewan golongan tripoplastik dan pseudoselomata (berongga tubuh semu). 

Ukuran dan Bentuk Tubuh Nematoda

Nematoda mempunyai bentuk tubuh dan ukuran yang bermacam-macam mulai dibawah ukuran 1mm hingga lebih dari 1 m. Nematoda yang hidup di air tawar dan darat, biasanya berukuran kurang dari 1mm, sedangkan hidup di laut mencapai 5 cm. Cacing betina memiliki tubuh lebih besar yang dibandingkan dengan cacing jantan. Individu jantan mempunyai ujung posterior yang berbentuk kait. Nematoda  memiliki bentuk segmen dengan tubuh silindris atau berbentuk bulat panjang (gilik), dan tidak bersegmen. Bagian dari daerah mulut tampak simetri radial, dan semakin ke arah posterior membentuk ujung yang meruncing. 

Ciri-Ciri Nematoda 

  • Memiliki bentuk bulat panjang (gilik) atau mirip dengan benang
  • Hewan tripoblastik dan Pseudoselomata (berongga tubuh semu)
  • Hidup bebas dengan cara memakan sampah organik, kotoran hewan, tanaman yang membusuk, ganggang, jamur, dan hewan kecil lainnya. 
  • Hidup parasit di hewan, manusia, dan tumbuhan. 
  • Dapat ditemukan di berbagai tempat. seperti air tawar, air laut, dan air payau serta di tanah. 
  • Terdapat di beberapa organ seperti, anus, usus halus, pembuluh darah, pembuluh limfa, jantung, paru-paru, dan mata. 
  • Memiliki macam-macam mulai dari hidup di air tawar dan darat berukuran kurang dari 1 mm, sedangkan di laut hidup mencapai 5 cm. 
  • Cacing betina memiliki tubuh lebih besar dari pada cacing jantan. 
  • Bentuk tubuh silindris atau bulat panjang (gilik). dan tidak bersegmen. 
  • Bagian daerah mulut tampak simetri radial 
  • Semakin ke arah posterior dapat membentuk ujung yang meruncing

Reproduksi Nematoda

Nematoda bereproduksi secara seksual. Biasanya bersifat diesis atau gonokoris, yaitu organ kelamin jantan dan betina yang terdapat di individu berbeda. Pembuahan terjadi secara internal di dalam tubuh cacing betina. Telur yang telah dibuahi memiliki cangkang yang tebal dan keras.

Di permukaan cangkang mempunyai pola yang spesifik biasanya digunakan untuk proses identifikasi jenis cacing yang menginfeksi manusia melalui pengamatan telur cacing pada tinja. Telur menetas menjadi larva yang berbentuk mirip induknya. Larva dapat mengalami molting atau pergantian kulit sampai empat kali. Cacing dewasa tidak mengalami pergantian kulit, tetapi tubuhnya akan selalu tumbuh membesar. 

Daur hidup dari nematoda adalah membutuhkan satu inang atau lebih, seperti Wuchereria banchrofti (cacing filaria) memiliki inang utama manusia dan inagn perantara nyamuk. Oxyuris vermicularis (cacing kremi) adalah nematoda yang hanya membutuhkan satu inang manusia dan tidak memerlukan inang perantara. 

Peranan Nematoda

Umumnya Nematoda merugikan karena hidup parasit dan dapat menyebabkan berbagai penyakit pada manusia dan di tumbuhan, contohnya Globodera Rostochiensis yang menjadi parasit pada tanaman kentang dan tomat, dan sebagai vektor dari virus sebagian tanaman pertanian.

Tetapi ada juga Nematoda yang menguntungkan dengan menjadi predator hama, misalnya ulat tanah, Caenorhabditis elegans merupakan Nematoda yang hidup bebas di tanah, telah lama digunakan sebagai hewan model untuk melakukan penelitian mengenai perkembangan hewan, termasuk perkembangan saraf, karena mudah dikembangbiakkan dan mudah dianalisis struktur genetiknya.

Baca Juga :

NASA bahkan menggunakan Caenorhabditis elegans untuk meneliti dampak dari gravitasi nol pada perkembangan otot dan fisiologinya dengan cara mengirim sampel cacing tersebut ke luar angkasa selama dua minggu. 

 


0sem comentários ainda

    Enviar um comentário

    Os campos são obrigatórios.

    Se você é um usuário registrado, pode se identificar e ser reconhecido automaticamente.

    Cancelar

    Assyfa

    0 amigos

    Nenhum(a)