Ir para o conteúdo
Mostrar cesto Esconder cesto
Voltar a Pengertian dari GBHN
Tela cheia

Pengertian Dongeng

22 de Março de 2019, 11:49 , por Assyfa - 0sem comentários ainda | Ninguém está seguindo este artigo ainda.
Visualizado uma vez

Pengertian DongengAnak anda suka membaca dongeng? Perlukah dongeng dikembangkan sebagai budaya bangsa? Ini jawabannya.

Latar Belakang Dongeng

Dongeng adalah istilah untuk menyebutkan sebuah cerita fiksi. Sedangkan berdongeng merupakan kata kerja yang memiliki arti sedang menceritakan kisah dongeng. Dongeng sangat disukai oleh anak-anak. Bahkan di tahun 80 sampai 90an, dongeng menjadi menu wajib pengantar tidur bagi si bocah.

Dongeng mengandung hikmah dan pesan yang biasanya berhubungan dengan pesan moral, etika, spiritual yang dikemas dengan alur yang ringan serta menggunakan diksi-diksi jenaka. Saking besar hikmah dan pesan dari dongeng, maka pembuat kurikulum sekolah dasar di Indonesia, meletakkan pembelajaran dongeng sebagai indikator yang harus diberikan kepada siswa.

Selain itu, dongeng menjadi rangkaian kaderisasi untuk mempertahankan kebudayaan negeri. Sebab, kisah dari dongeng berisi cerita-cerita rakyat lokal yang di dalamnya dicantumkan berbagai arsitektur kebudayaan dan pernik-pernik kultural yang menandakan, betapa tingginya nilai kebudayaan bangsa di masa lalu.

Pengertian Dongeng

Niatan untuk mengembangkan budaya dongeng dan berdongeng tidak akan maksimal jika kita tidak mengetahui secara pasti pengertian dongeng secara definitif. Maka dari itu, berikut ini kami jelaskan pengertian dongeng.

Dongeng adalah karya sastra yang di dalamnya berisi kisah-kisah heroik yang sedikit fiksional namun, oleh masyarakat setempat dinyatakan kalau kisah tersebut adalah nyata. Biasanya kisah dalam dongeng merupakan cerita-cerita rakyat yang diwariskan secara turun temurun.

Jenis-Jenis Dongeng

Terdapat 5 jenis dongeng yang populer di seluruh dunia termasuk di Indonesia, yaitu:

  1. Fabel

Fabel adalah dongeng yang tokohnya merupakan binatang yang mampu berbicara dan berperilaku seperti manusia. Contoh dongeng Monyet dan kura kura.

  1. Sage

Sage adalah dongeng yang mengisahkan tentang kisah-kisah fiksional mengenai sejarah. Contoh dongeng Jaka Tingkir.

  1. Legenda

Legenda merupakan cerita rakyat yang biasanya mengisahkan tentang terjadinya sebuah tempat. Seperti cerita gunung tangkuban perahu.

  1. Mite

Mite disebut juga dengan istilah mitos merupakan dongeng yang mengisahkan tentang kepercayaan masyarakat terhadap mahluk halus seperti cerita Nyi Roro Kidul.

  1. Parabel

Parabel merupakan dongeng yang dalam kisahnya memunculkan pesan-pesan pendidikan. Contoh dongeng si Malin Kundang.

Itulah pengertian dongeng yang kami lengkapi dengan jenis-jenis dongeng yang wajib diketahui oleh kita semua. Mari kembangkan budaya berdongeng supaya, pesan-pesan moral yang disampaikan bisa menjadikan insan penerus memiliki etika yang lebih baik.


0sem comentários ainda

    Enviar um comentário

    Os campos são obrigatórios.

    Se você é um usuário registrado, pode se identificar e ser reconhecido automaticamente.

    Cancelar

    Assyfa

    0 amigos

    Nenhum(a)