Ir para o conteúdo
Mostrar cesto Esconder cesto
Voltar a Pengertian dari GBHN
Tela cheia

Pengertian,Tujuan dan Jenis Kromatografi

8 de Março de 2019, 14:45 , por Assyfa - 0sem comentários ainda | Ninguém está seguindo este artigo ainda.
Visualizado 2 vezes

Pengertian,Tujuan dan Jenis Kromatografi - Mempelajari fisika dan kimia memang sangat menantang. Bahkan, jika ditekuni lebih jauh dan mendalam, tingkat kesulitannya menjadi semakin tinggi dan pelik. Akan tetapi entah kenapa, belajar ilmu ini, menimbulkan sugesti dan gairah untuk kita menyelesaikan uji coba kimiawi tersebut sampai selesai atau final.

Salah satu teori fisika dan kimia menantang yang perlu dipelajari lebih detil adalah teori tentang pemisahan molekul yang disebut kromatografi.  Atas dasar itu, pada artikel berikut ini kami akan menjelaskan definisi teori ini secara singkat namun padat. Sedangkan di akhir nanti juga kami selipkan tujuan penggunaan dan jenis-jenisnya.

Definisi Kromatografi

Pengertian kromatografi adalah sekumpulan metode untuk memisahkan molekul yang dasar pijaknya adalah identifikasi perbedaan pola yang berjalan diantara dua fase yaitu fase diam dan fase gerak. Singkatnya, pengertian kromatografi adalah cara memisahkan komponen-komponen molekul di dalam larutan dengan memanfaatkan pola fase gerak dan pola fase diam.

Sistem kerjanya adalah manakala molekul sedang dalam fase bergerak, dia akan menjalari kolom tertentu yang masuk kategori fase diam. Selanjutnya, komponen molekul yang terikat kuat dengan kolom, gerakannya akan melambat. Sebaliknya, semakin lemah ikatannya dengan kolom, pergerakannya semakin cepat. Akibat pergerakan paradoks inilah komponen molekul bisa dipisahkan dengan benar.

Tujuan Penggunaan kromatografi

Tujuan penggunaan kromatografi dibagi menjadi 3 bagian. Ada yang bertujuan kualitatif, kuantitatif, dan tujuan preparatif.

Tujuan kualitatif adalah kromatografi dipakai untuk mengungkap adanya molekul di dalam larutan tertentu. Sedangkan tujuan kuantitatif berarti kromatografi digunakan untuk menghitung jumlah campuran molekul yang ada di dalam larutan.

Tujuan penggunaan secara preparatif berarti kromatografi dipakai untuk mendapatkan campuran komponen molekul dengan jumlah yang tepat sehingga bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Jenis-Jenis Kromatografi

Jenis-jenis kromatografi sangat banyak diantaranya adalah:

  1. Kromatografi cair
  2. Kromatografi penukar ion
  3. Kromatografi kertas
  4. Kromatografi lapis tipis
  5. Kromatografi ekslusi ukuran
  6. Kromatografi pasangan ion
  7. Kromatografi afinitas.

Itulah pengertian dan tujuan penggunaan kromatografi.  Silahkan di pelajari lebih detail dengan banyak membaca literatur kimia dan fisika mengenai teori ini.

Baca Juga :

 


0sem comentários ainda

    Enviar um comentário

    Os campos são obrigatórios.

    Se você é um usuário registrado, pode se identificar e ser reconhecido automaticamente.

    Cancelar

    Assyfa

    0 amigos

    Nenhum(a)