Ir para o conteúdo
Mostrar cesto Esconder cesto
Voltar a Pengertian dari GBHN
Tela cheia

Proses Dan Jenis Penyerbukan Bunga Anggrek

12 de Janeiro de 2019, 15:41 , por Assyfa - 0sem comentários ainda | Ninguém está seguindo este artigo ainda.
Visualizado 7 vezes

Proses Dan Jenis Penyerbukan Bunga Anggrek - Dari masing – masing tumbuhan berbunga, Bunga Anggrek sejak dulu dikenal sebagai salah satu bunga yang memiliki sifat istimewa, maka dari itu banyak dicari oleh orang – orang. Penyebabnya adalah corak dan warna pada mahkota bunga sangat indah dan alami sehingga selalu mampu memikat mata dari pecinta tanaman hias berbunga di tanah air.

Hingga saat ini sudah banyak dikenal beberapa metode penanaman dan perawatan dari Bunga Anggrek bagi si pengkoleksi bunga dimana kesukaan mereka berbeda – beda.

Nah sekedar berbagi informasi kepada para pembaca yang baik hati, berikut di bahwa ini akan kami berikan cara / sebuah proses sederhana tentang terjadinya penyerbukan Bunga Anggrek agar menjadi struktur anatomi bunga yang terlihat alami dan cantik.

Cara Penyerbukan Bunga Anggrek Sendiri

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya bahwa Bunga Anggrek adalah salah satu jenis bunga dimana cara / proses pembungaannya membutuhkan perhatian khusus agar anda sukses dalam mengelolanya yang sebagian besar tergantung dari ‘morfologi’ dari tanaman Bunga Anggrek.

Berikut ini kami akan memberikan proses ‘step by step’ yang dapat anda ikuti agar Bunga Anggrek mudah melalui tahapan berbunga.

  1. Siapkanlah serumpun tanaman Bunga Anggrek yang akan dilakukan sebagai objek penyerbukan sendiri. Lalu kumpulkan serbuk sarinya dengan menggunakan kayu kecil atau tusuk gigi.
  2. Serbuk sari dimasukkan ke bagian stigma Bunga Anggrek dimana letak stigma Bunga Anggrek adalah paling dalam berfungsi sebagai tempat fertilisasi. Di sekitar stigma terdapat putik bunga dikenal sebagai penyimpan sel – sel betina yang letaknya pada bagian bawah stigma. Agar serbuk sari mudah menempel maka pada bagian stigma membutuhkan perlakuan khusus dan berhati – hati.

Jenis – Jenis Penyerbukan Bunga Anggrek

1/Penyerbukan Bunga Anggrek Tetangga

Penyerbukan Bunga Anggrek dengan cara ini diaplikasikan terhadap jenis Bunga Anggrek yang sudah berusia tua dengan yang berusia muda sehingga didapatkan rumpun Anggrek muda cepat berbunga.

Sediakan 2 buah rumpun Anggrek dengan warna bunga dan jenis yang sama. Ambil atau kumpulkan serbuk sari dengan memakai tusuk gigi yaitu congkel bagian organ berkelamin jantan yang ditutup oleh ‘labelum’, selanjutnya bersihkan semua. Terakhir adalah menyimpan serbuk sari Bunga Anggrek pertama ke dalam stigma Bunga Anggrek kedua.

2/Penyerbukan Bunga Anggrek Silang

Langkah awal adalah menyiapkan 2 rumpun Bunga Anggrek berlainan jenis yang akan dijadikan sebagai induk dan calon penyerbukan. Ambil / kumpulkan serbuk sarinya seperti cara tersebut di atas, lalu masukkan serbuk sari ke bagian putik yang berbentuk tabung kecil pada rumpun Bunga Anggrek kedua. Selanjutnya perhatikan kondisi rumpun Anggrek pertama akan terlihat mulai layu untuk bakal munculnya buah yang bisa dijadikan bibit melalui biji yang terbungkus di dalam buah (penyerbukan Bunga Anggrek dengan biji dari buah). Sedangkan calon dalam hal ini sudah siap untuk berbunga dari hasil menyilang tersebut.

Baca Juga :

Bagi yang awam terhadap cara pengembangbiakan tanaman Bunga Anggrek dari cara tersebut di atas maka perlu memperhatikan hal – hal yang mendukung keberhasilan penyerbukan Bunga Anggrek lainnya yaitu dengan angin dan hewan meskipun hasilnya agak lama.

Demikian kami menjelaskan secara singkat saja tentang proses dan jenis penyerbukan Bunga Anggrek, semoga saja bermanfaat !


0sem comentários ainda

    Enviar um comentário

    Os campos são obrigatórios.

    Se você é um usuário registrado, pode se identificar e ser reconhecido automaticamente.

    Cancelar

    Assyfa

    0 amigos

    Nenhum(a)