Ir para o conteúdo
Mostrar cesto Esconder cesto
Voltar a Pengertian dari GBHN
Tela cheia

Cara Mempercepat Booting Windows 10

13 de Fevereiro de 2019, 9:24 , por Assyfa - 0sem comentários ainda | Ninguém está seguindo este artigo ainda.
Visualizado 8 vezes

Cara Mempercepat Booting Windows 10 - Bagi Anda yang pernah mengalami kendala dalam proses booting di Windows 10 tentunya merasa kecewa karena Anda harus menunggu proses booting yang cukup lama bahkan sampai bermenit-menit. Namun, saat ini Anda tidak perlu khawatir karena ada cara untuk mempercepat booting di Windows 10 dalam jangka waktu cepat kira-kira antara 30 detik hingga 1 menit.

Nah, bagaimana cara mempercepat booting di Windows 10 agar tidak memakan waktu yang cukup lama? Anda bisa mengikuti 4 cara berikut ini. Silakan cermati dengan saksama cara mempercepat booting di Windows 10 berikut ini.

  1. Nonaktifkan Efek Spesial yang Dapat Memperlambat Proses Booting

Perlu Anda ketahui, Windows 10 memiliki banyak efek untuk mempercantik layar PC dan laptop Anda. Jadi, Anda dapat mengaktifkan banyak efek spesial untuk mempercantik tampilan. Namun, pada kenyataannya efek spesial tersebut dapat menyebabkan proses booting di PC atau laptop Anda memakan waktu yang cukup lama, mengapa?

Baca Juga : Pengertian Booting

Hal tersebut karena efek spesial yang Anda aktifkan di interface dapat membuat sistem kerja di komputer menjadi lebih berat. Oleh karenanya,  sangat disarankan untuk mempercepat booting di Windows 10, Anda harus menonaktifkan efek spesial. Adapun langkah-langkah untuk menonaktifkan efek spesial yang dapat memperlambat proses booting adalah sebagai berikut.

  • Langkah pertama Klik ikon mesin pencarian yang terletak di taskbar. Kemudian ketik kata kunci view advanced systems setting. Setelah itu, langsung pilih menu view advanced system setting tersebut.
  • Langkah kedua, di menu view advanced system setting ada beberapa pilihan pengaturan, contohnya: hardware, computer name, advanced, system, protection, dan remote. Yang harus Anda lakukan di langkah kedua ini adalah klik menu advanced.
  • Langkah ketiga, setelah klik menu advanced, akan ditampilkan beberapa pilihan, seperti user profiles, perfomance dan startup and recovery. Pilihlah menu perfomance.
  • Langkah keempat, setelah klik perfomance lanjutkan klik di tombol setting. Kemudian Anda akan diberi beberapa pilihan pengaturan, seperti visual effects. Klik visual effects tersebut, jika Anda masih menggunakan pengaturan selain adjust for best perfomance maka Anda harus menggantinya. Jika Anda sudah menggunakan pilihan adjust for best perfomance, Anda dapat langsung klik Ok.

Nah,  cara di atas adalah cara mempercepat booting Windows 10 dengan cara menonaktifkan efek spesial yang dapat memperlambat proses booting.

  1. Saat Melakukan Startup, Matikan Program yang Masih Terbuka

Cara ketiga mempercepat proses booting di Windows 10 adalah mematikan program yang masih terbuka atau berjalan saat melakukan startup, mengapa hal tersebut harus dilakukan? Karena jika ada beberapa program yang masih terbuka atau berjalan saat melakukan proses booting akibatnya proses tersebut berjalan lambat dan berat.

Oleh karenanya, sangat dianjurkan  saat melakukan startup, mematikan program yang masih terbuka dengan segera. Adapun cara mematikan program yang masih terbuka saat startup adalah sebagai berikut.

  • Klik kanan di tombol start atau pada ikon gambar jendela windows. Perlu Anda ketahui, ikon tersebut ada di sebelah pojok kiri bawah laptop atau komputer.
  • Setelah Anda klik kanan maka akan muncul beberapa pilihan, seperti task manager. Nah, klik task manager tersebut kemudian akan muncul program-program yang terbuka. Segera tutup atau akhiri program-program yang terbuka tersebut dengan cara klik kanan di program yang berjalan kemudian pilih end task.

Cara tersebut adalah cara untuk mematikan program yang masih terbuka saat melakukan startup. Cara tersebut dianggap dapat mempercepat proses booting di Windows 10.


0sem comentários ainda

    Enviar um comentário

    Os campos são obrigatórios.

    Se você é um usuário registrado, pode se identificar e ser reconhecido automaticamente.

    Cancelar