Ir para o conteúdo
Mostrar cesto Esconder cesto
Voltar a Blog
Tela cheia

Kiat Sukses Dalam Budidaya Mentimun

10 de Janeiro de 2019, 3:07 , por Assyfa - 0sem comentários ainda | Ninguém está seguindo este artigo ainda.
Visualizado 6 vezes

Kiat Sukses Dalam Budidaya Mentimun - Pada umumnya budidaya tanaman Mentimun diperbanyak melalui biji. Dimana cara memperoleh benih unggul adalah dengan menyeleksi Mentimun yang bagus ditandai dengan melihat pangkalnya berukuran kecil namun buahnya berukuran panjang dan besar. Disarankan untuk membiarkan buah – buah Mentimun tersebut matang di atas pohon, lalu ketika akan membusuk, petik beberapa biji yang bagus untuk didiamkan selama semalaman. Keesokan hari buah – buah tersebut dapat dibelah menjadi 2 untuk dikerok bijinya. Masukkan ke dalam wadah yang kering dan bersih untuk disimpan kembali selama semalam.

Selanjutnya biji – biji mentimun diayak di bawah air yang mengalir hingga selaput yang menyelimuti hilang. Nah untuk memudahkan pengelupasan selaput, campurkan abu halus guna membalur benih – benih tersebut. ‘Sortasi’ biji. Pilihlah biji – biji yang tenggelam saja atau tidak hanyut terbawa oleh air yang mengalir. Selanjutnya jemur biji – biji Mentimun pilihan kira – kira selama 2 hari saja, kemudian biji – biji tersebut dikemas di dalam botol – botol kaca yang kering dan bersih. Penyimpanan biji dapat dilakukan selama 1 s/d 2 bulan sebelum dimanfaatkan untuk menghilangkan masa – masa dorman. Jika anda benar dalam cara menyimpan benih maka benih – benih ini dapat menjadi cikal bakal benih unggul yang mampu bertahan dalam kondisi baik selama 1 tahun.

Erat hubungannya dengan hal tersebut di atas, sehari sebelum akan memulai budidaya Mentimun maka terlebih dahulu siapkan benih dengan cara merendam dalam air hangat – hangat kuku sekitar kurang lebih 3 s/d 5 jam untuk kemudian letakkan di atas kain basah dan lembab. Setelah 15 s/d 24 jam akan mulai tumbuh tunas – tunas baru dari biji – biji tersebut dan benih Mentimun sudah siap untuk ditanam.

Pengolahan Lahan Secara Organik

Langkah awal adalah membajak tanah kira – kira sedalam 20 s/d 30 Cm. Untuk keadaan tanah yang memiliki kondisi pH kurang dari 6 maka berikan campuran berupa kapur ‘dolomit’ sebanyak 1 s/d 2 ton per hektar tergantung dari ketersediaan kapur dolomit sebesar tersebut di atas. Campurkan dengan tanah lalu diamkan kira – kira 1 s/d 2 minggu.

Buat bedengan dengan memiliki lebar 1 m ketinggian 20 s/d 30 Cm dengan ukuran panjang disesuaikan dengan keperluan. Jarak masing – masing bedengan antara 30 Cm. Tutup bedengan dengan memakai ‘mulsa plastik’. Manfaat dari mulsa plastik adalah untuk mempertahankan kondisi kelembaban tanah, karena diketahui bahwa mentimun akan tumbuh menjadi lebih bagus jika ditanam ketika sedang musim kemarau dengan rutin melakukan penyiraman agar zona perakaran tanaman tetap terjaga kelembabannya. Buat / siapkan lubang – lubang tanam pada kondisi permukaan mulsa berdiameter 10 Cm dimana masing – masing bedengan memiliki 2 baris lubang tanam. Jarak antar lubang tanam di dalam 1 baris adalah 40 Cm dan jarak antar baris adalah 50 s/d 60 Cm.

Keterangan gambar : searah dengan jarum jam, cara praktis mengerok Mentimun, benih – benih Mentimun di dalam botol, cara mengaplikasikan / memasang lenjer bambu, buah Mentimun untuk fungsi sebagai benih unggul dan pemasangan mulsa plastik.

Memberikan pupuk Kandang yaitu campuran antara kotoran Ayam dengan kotoran Kambing atau Sapi dengan perbandingan antara 1 : 1. Cara – cara untuk memberikan pupuk antara lain ditebar dengan merata dalam bedengan kemudian aduk – aduk dengan tanah, barulah diletakkan pada lubang tanam pupuk yang sudah dipersiapkan sebelumnya sebanyak 0,5 s/d 1 Kg dalam masing – masing lubang tanam. Total kebutuhan pupuk dalam 1 hektar sekitar 20 s/d 30 ton. Setelahnya berikan lahan pupuk secara merata pada masing – masing lubang yang sudah disediakan lalu biarkan lahan diangin – anginkan selama 1 s/d 2 minggu.

Baca Juga :

Budidaya buah Mentimun selanjutnya adalah memasuki masa penanaman benih – benih Mentimun seperti halnya anda melakukannya terhadap tanaman buah sayur lainnya. Lanjutkan dengan perawatan budidaya Mentimun yang termasuk di dalamnya adalah pengendalian hama dan penyakit. Anda bisa mempelajari ini dari budidaya tanaman buah sayur yang lainnya.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang kiat sukses dalam budidaya Mentimun, semoga bermanfaat !


0sem comentários ainda

    Enviar um comentário

    Os campos são obrigatórios.

    Se você é um usuário registrado, pode se identificar e ser reconhecido automaticamente.

    Cancelar

    Assyfa

    0 amigos

    Nenhum(a)