Ir para o conteúdo
Mostrar cesto Esconder cesto
Tela cheia

Blog

12 de Janeiro de 2009, 22:00 , por Desconhecido - | Ninguém está seguindo este artigo ainda.

Chai Cinnamon Teh Susu India

29 de Abril de 2019, 3:53, por Itu SEO - 0sem comentários ainda

Chai Cinnamon Teh Susu India - Bagi masyarakat India, sangat penting menjalin kerjasama dengan adanya sebuah hubungan sosial yang baik diantara mereka. Seorang penulis asal Amerika, Judith Kroll, pernah menghubungkan puisi yang pernah dia tulis dengan kondisi warga asal India sebagai berikut :

I can’t imagine anyone there saying, “I’m very busy – but lets have lunch in a couple of weeks.”

Maknanya bisa kami jelaskan sebagai berikut : “Saya tidak bisa membayangkan semua orang disana mengatakan, “Saya sangat sibuk – tapi mari kita makan siang bersama beberapa minggu lagi.”

Baca Juga : Pengertian Penyakit Nefritis

Dalam kesempatan apa pun, hubungan sosial mereka sangat dijaga dengan santun terutama saat sedang sibuk dan berada di luar rumah, mereka tetap berusaha untuk menjaga hubungan itu tetap berjalan baik dan ramah – tamah yang terlihat jelas dari ragam kuliner yang dimiliki.

Apakah anda senang mencicipi masakan khas orang India ?

Meskipun dapat dengan mudah dibuat di rumah, tetapi biasanya rempah – rempah yang tersedia jumlahnya terbatas yaitu kayu manis saja namun rasanya tetap mantap di lidah, jika ingin mencicipinya maka anda bisa mempelajari caranya di bawah ini :

Bahan – bahan tersedia adalah :

  1. 1 cangkir susu lowfat
  2. 1 sdm madu
  3. 3 cm kayu manis
  4. Kayu manis bubuk untuk taburan
  5. 1 kantung teh hitam (kalau ada dan disarankan)

Langkah membuat adalah :

  1. Tuang susu ke dalam panci, didihkan susu dengan batang kayu manis dan teh.
  2. Setelah meletup - letup, tuang susu ke dalam gelas dengan cara disaring, lalu tambahkan madu, aduk rata.
  3. Sajikan hangat – hangat susu, sebelumnya jangan lupa beri taburan kayu manis bubuk agar rasa rempah – rempahnya menyengat.

Sajian di atas cocok dimanfaatkan sebagai menu untuk makanan pembuka, dimana anda bisa mencobanya bersama dengan sepiring samosa. Makanan berbentuk segitiga atau tepatnya limas segitiga ini sangat mudah untuk anda jumpai setiap hari di resto – resto masakan India di mancanegara. Konsep samosa di Indonesia mirip dengan pangsit, tapi mempunyai isian yang agak berbeda. Samosa adalah adonan kulit dari tepung yang diisikan dengan bahan - bahan tertentu biasanya daging berbumbu, pasta kentang dan wortel rebus, bawang bombai goreng, kacang – kacangan berbumbu, lentil, makaroni,  mie, dan yang lainnya. Kemudian direbus atau digoreng. Samosa India asli biasanya vegetarian dan disajikan dengan raita atau chutney adalah saos ala orang India. Namun melalui artikel ini kami hanya menjelaskan tentang chai cinnamon teh susu India saja yang dengan mudah bisa anda buat di dapur rumah tersebut di atas. 

Demikian kami menjelaskan semoga saja bermanfaat bagi anda yang tertarik dengan aneka sajian khas warga India.

Baca Juga : Kebutuhan Tersier



Latarbelakang Perumusan Teks Proklamasi

21 de Abril de 2019, 1:49, por Itu SEO - 0sem comentários ainda

Perumusan Teks ProklamasiTanggal 6 Agustus tahun 1945, sebuah bom atom diledakkan di wilayah Kota Hiroshima di Jepang oleh Amerika Serikat yang berpengaruh buruk terhadap perkembangan moral rakyat Jepang dan dapat menurunkan semangat kerja tentara Jepang di seluruh dunia.

Satu hari selanjutnya oleh BPUPKI / Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau dalam Bahasa Jepang dikenal dengan istilah ‘Dokuritsu Junbi Cosakai’ yang sempat berganti nama menjadi Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia / PPKI yang dikenal juga sebagai istilah yaitu ‘Dokuritsu Junbi Inkai’ di dalam Bahasa Jepang, memiliki fungsi untuk dapat lebih jelas dalam menegaskan tentang keinginan dan tujuan pencapaian kemerdekaan Negara Indonesia.

Tanggal 9 Agustus 1945, bom atom kedua dijatuhkan di atas wilayah Nagasaki di Jepang yang menyebabkan Pemerintahan Jepang menyerah kepada Amerika Serikat dan sekutu – sekutunya. Momen inilah yang selanjutnya dimanfaatkan oleh Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan Negara Indonesia.

Tanggal 14 Agustus 1945, Negara Jepang resmi mengumumkan tentang kekalahan mereka dan menyerah kepada Sekutu di dalam Kapal USS Missouri. Tentara dan Angkatan Laut Jepang sebagian masih berkuasa di beberapa wilayah strategis di Indonesia karena janji yang diberikan kepada Pemerintah Indonesia bahwa Jepang akan mengembalikan kekuasaan di Indonesia kepada Sekutu.

Adalah Sutan Sjahrir, Darwis, Wikana dan Chaerul Saleh mendapat kabar penting tersebut di atas dari Radio BBC. Golongan muda di Jakarta segera mendesak kelompok tua untuk segera melakukan penyelamatan diri dengan memproklamasikan kemerdekaan Negara Indonesia. Golongan tua menghendaki tidak terjadinya pertumpahan darah ketika proklamasi kemerdekaan Negara Indonesia nanti akan dilaksanakan. Mereka terlebih dahulu menginginkan mengadakan konsultasi berupa rapat penting dengan PPKI tetapi usul ini ditolak oleh kelompok muda mengingat PPKI merupakan sebuah organisasi yang terbentuk oleh campur tangan Jepang. Kelompok muda berencana kemerdekaan yang didapat adalah atas usaha dari bangsa dan rakyat Indonesia, bukan karena pemberian dari Jepang.

Melalui sidang BPUPKI tanggal 29 Mei 1945, beberapa tokoh dari kelompok muda mengajukan pertanyaan sebagai berikut, “ Apakah yang menjadi dasar dari Negara Indonesia apabila kelak negara ini merdeka ?! “ Pertanyaan dari kelompok muda ini secara langsung mendapatkan jawaban dari Soekarno – Hatta sebagai tanggapan dan keperdulian mereka yaitu dengan ‘Pancasila’ menjadi dasar Negara Indonesia yang selanjutnya ditulis / didokumentasikan oleh Radjiman sebagai ketua umum BPUPKI di dalam sebuah pengantar dari buku beliau yang diterbitkan berjudul “ Pancasila “ dirilis pertama kali pada tahun 1948 di Desa Dirgo, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi. Berdasarkan buku yang bersangkutan menegaskan bahwa Soekarno adalah “ Bapak Bangsa Pencetus Pancasila “.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang Latarbelakang Perumusan Teks Proklamasi untuk dibaca agar memudahkan untuk direnungkan, dipahami lalu bermanfaat !



Pengertian Aeroponik dan Manfaat Aeroponik

15 de Abril de 2019, 23:45, por Itu SEO - 0sem comentários ainda

Pengertian Aeroponik dan Manfaat Aeroponik - Di era teknologi seperti saat ini, gaung modernitas begitu kuat terdengar. Bahkan di jaman inilah alat-alat digital mulai digunakan di berbagai macam bidang. Salah satunya adalah bidang pertanian. Di bidang ini, teknologi canggih semacam aeroponik mulai dilakukan. Pertanyaannya adalah apakah aeroponik tersebut?

Pengertian Aeroponik

Aeroponik secara etimologi berasal dari kata aero yang memiliki makna udara sedangkan ponus berarti daya. Dari keterangan ini bisa disimpulkan jika aeroponik merupakan pemberdayaan dengan menggunakan udara. Aeroponik termasuk satu kategori media tanam yang tanpa menggunakan media tanah, melainkan hanya memanfaatkan unsur larutan air yang dipancarkan dengan kencang dalam bentuk kabut sampai menyentuh akar.

Salah satu keistimewaan teknik penanaman dengan sistem aeroponik adalah oksigenasi dari setiap larutan hara bisa menimbulkan kelancaran pada respirasi akar untuk bisa menghasilkan energi yang berlimpah demi pertumbuhan tanaman di waktu yang lama.

Mutu serta progresifitas hasil produksi adalah tujuan dari para petani sehingga mereka berminat untuk mengembangkan sistem pertanian. Akan tetapi, untuk merealisasikan tujuan tersebut, tentu banyak faktor yang memengaruhi, diantaranya adalah faktor penguasaan tata cara budidaya serta faktor gejala lingkungan.

Nah dengan adanya teknik Aeroponik ini diharapkan bisa menaikkan taraf produksi yang lebih menguntungkan. Selain itu, karena penerapan yang dilakukan berbiaya kecil tetapi mampu membuat produksi semakin meningkat, keuntungan petani tentu menjadi berlipat ganda.

Manfaat Aeroponik

Nah setelah anda mengetahui pengertian dari aeroponik, pada artikel berikut ini kami akan menjabarkan rilis manfaatnya. Semoga dengan adanya rilis ini, anda termotivasi untuk melakukan penanaman dengan tehnik yang serupa semata demi perkembangan hasil produksi yang lebih memuaskan. Ini dia manfaat-manfaat tersebut:

  1. Tanaman lebih mudah di tanam di lahan tidak beraturan.
  2. Tanaman mampu menghasilkan produksi taraf tinggi.
  3. Tanaman lebih tahan dan kuat terhadap serangan hama dan penyakit.
  4. Tanaman bisa berbuah tanpa tergantung cuaca.
  5. Hasil buah yang di tanam lebih berkualitas
  6. Media Tanam termasuk teknologi menengah
  7. Waktu panen lebih cepat.
  8. Tanaman bisa di lakukan tanpa perawatan lahan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian dan manfaat aeroponik. Semoga penjelasan ini bisa menambah perbendaharaan keilmuan anda utamanya soal teknologi pertanian.



Hama Dan Penyakit Tanaman Sawo

21 de Março de 2019, 10:00, por Itu SEO - 0sem comentários ainda

Hama Dan Penyakit Tanaman Sawo - Hama dan penyakit adalah musuh utama dari tanaman. Pada tanaman sawo juga tidak terlepas dari serangan jenis hama dan penyakit yang mengganggu pertumbuhannya. Untuk mengatasi masalah ini  pertama kali kita harus mengenali jenis – jenis hama dan penyakit yang menyerang tanaman sawo. Pengenalan ini sangat penting agar kita tahu langkah yang tepat untuk membasmi hama dan penyakit pada tanaman sawo.

Berikut jenis – jenis penyakit dan hama tanaman sawo ;

  1. Lalat Buah : Hama ini yang paling mengganggu dan menyerang ketika buah sudah masuk masa panen. Gejala yang timbul berupa bintik – bintk hitam pada kulit sawo dan daging buah menjadi busuk. Untuk mengatasi lalat buah adalah dengan membungkus buah sejak masih kecil dan rutin membersihkan area sekitar tanaman. Semprotkan insektisida sistemik dengan campuran promar atau agrothion 50 EC dengan dosis 4 cc per liter air.
  1. Kutu Coklat : Kutu coklat menyerang bagian daun dan ranting sawo yang masih muda. Kutu coklat akan menyebabkan dan ranting mengering. Untnuk mengatasi hama kutu coklat dengan cara menyemprotkan insektisida diasinon 60 EC berdosis 2 cc per liter air.
  1. Kutu Hijau : hama kutu hijau tidak jauh berbeda dengan kutu coklat. Kutu hijau juga menyerang daun dan ranting muda pada tanaman sawo. Kutu ini mnyerap cairannya. Kutu hijau menghasilkan sejenis embun madu yang dapat menarik perhatian hama lain untuk ikut mendekat. Mengatasi kutu hijau dengan cara menyemprotkan insektisida seperti basudin 50 EC dengan dosis 2 cc per liter air.
  1. Jamur Jelaga : Merupakan salah satu penyakit tanaman sawo yang ditimbulkan oleh hama kutu hijau yang tidak segera diatasi. Gejala yang timbul pada daun dan ranting adalah munculnya warna hitam yang menutupu bagian daun dan ranting. Daun dan ranting yang terkena jamur jelaga akan terganggun proses fotosintesisnya. Jika dibiarkan saja penyakit ini akan memebuat buah sawo mengalami kerontokan. Cara mengatasi penyakit ini dengan menyemprotkan fungisida seperti antracol 70 WP berdosis 2 gr per liter air.
  1. Jamur Upas : Jamur upas penyebarannya dibantu oleh angin. Jamur ini mulanya berbentuk seperti jaring tipis dan mengkilat. Perlahan – lahan akan membuat kulit tanaman sawo menjadi busuk. Untuk mengatasi jamur upas dengan cara menggosok bagian yang terkena jamur dan olesi cat mehi atau ter. Jika dirasa belum berhasil, gunakan fungisida cupravit OB 21 dosis 4 gr per liter air.
  1. Hawar Benang Putih : Penyakit yang menyerang batang kulit dan cabang tanaman sawo ini menimbulkan jamur putih yang membuat ranting dan daun mengering. Untuk mengatasi penyakit ini dengan mengurangi kelembapan daun dan berikan fungisida seperti bentale dosis 2 gr per liter air.
  1. Busuk Buah : Gejala yang timbul muncul bercak hitam pada buah dan menyebar keseluruh buah sehingga daging buah membusuk dan rontok. Cara mengatasinya dengan memotong buang yang terinfeksi dan semprotkan fungisida seperti dithane M-45 80 WP.


Pengertian Penyakit Thalassemia

9 de Março de 2019, 1:42, por Itu SEO - 0sem comentários ainda

Pengertian Penyakit ThalassemiaSelamat malam semuanya , kali ini kita akan membahas sedikit tentang penyakit thalassemia mungkin sebagian dari kita masih awam dan belum tau mengenai penyakit yang satu ini , kurang lebih nya thalassemia adalah penyakit kelainan darah yang diakibatkan oleh faktor genetika dan menyebabkan protein yang ada di dalam sel darah merah ( hemoglobin ) tidak berfungsi secara normal.

Zat besi yang diperoleh oleh tubuh melalui makanan digunakan sumsum tulang untuk menghasilkan hemoglobin , hemoglobin yang terdapat dalam sel darah merah berfungsi untuk mengantarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh anggota tubuh , penderita thalassemia memiliki kadar hemoglobin yang rendah biasanya , dan oleh karena itu tingkat oksigen dalam tubuh penderita thalassemia juga lebih rendah.

Perlu diketahui bahwa terdapat 2 jenis thalassemia yang terjadi , yaitu alfa dan beta , dimana kedua jenis ini memiliki kaitan gen yang menentukan kadar keparahan dari penyakit yang diturunkan ini , thalassemia beta merupakan jenis yang leih sering terjadi , penyakit thalassemia dapat mengganggu aktivitas yang dijalani sehari – hari dikarenakan oksigen yang lemah dalam tubuh.

Beberapa hal yang dapat dialami oleh pendiritanya adalah letih , mudah mengantuk , pingsan hingga kesulitan untuk bernafas , selain itu juga penanganan yang salah atau tidak tepat dapat mengakibatkan komplikasi seperti gagal jantung , pertumbuhan yang terhambat karena organ yang rusak , gangguan hati , dan yang lebih parah nya adalah kematian.

Penyebab dari penyakit yang satu ini , mutase DNA yang memproduksi hemoglobin pembawa oksigen kesuluruh tubuh merupakan penyebab seseorang menderita penyakit thalassemia , namun belum diketahui dengan pasti kenapa mutase tersebut terjadi ,beberapa contoh gejala dari penyakit yang satu ini adalah berat badan yang rendah , sesak napas , mudah lelah dan sakit kuning .

Hal paling baik adalah dengan menerapkan pola hidup sehat , dibarengin dengan olahraga agar kita bisa meminimalisir penyakit yang akan dating pada diri kita .

Baca Juga :

Nah mungkin hanya itu saja untuk artikel kali ini sekian saja dan terimakasih semoga bisa membantu , jangan lupa share artikel ini , sekian dan terimakasih.



Itu SEO

0 amigos

Nenhum(a)