Ir para o conteúdo
Mostrar cesto Esconder cesto
Voltar a Blog
Tela cheia

Hama Dan Penyakit Tanaman Sawo

21 de Março de 2019, 10:00 , por Itu SEO - 0sem comentários ainda | Ninguém está seguindo este artigo ainda.
Visualizado 48 vezes

Hama Dan Penyakit Tanaman Sawo - Hama dan penyakit adalah musuh utama dari tanaman. Pada tanaman sawo juga tidak terlepas dari serangan jenis hama dan penyakit yang mengganggu pertumbuhannya. Untuk mengatasi masalah ini  pertama kali kita harus mengenali jenis – jenis hama dan penyakit yang menyerang tanaman sawo. Pengenalan ini sangat penting agar kita tahu langkah yang tepat untuk membasmi hama dan penyakit pada tanaman sawo.

Berikut jenis – jenis penyakit dan hama tanaman sawo ;

  1. Lalat Buah : Hama ini yang paling mengganggu dan menyerang ketika buah sudah masuk masa panen. Gejala yang timbul berupa bintik – bintk hitam pada kulit sawo dan daging buah menjadi busuk. Untuk mengatasi lalat buah adalah dengan membungkus buah sejak masih kecil dan rutin membersihkan area sekitar tanaman. Semprotkan insektisida sistemik dengan campuran promar atau agrothion 50 EC dengan dosis 4 cc per liter air.
  1. Kutu Coklat : Kutu coklat menyerang bagian daun dan ranting sawo yang masih muda. Kutu coklat akan menyebabkan dan ranting mengering. Untnuk mengatasi hama kutu coklat dengan cara menyemprotkan insektisida diasinon 60 EC berdosis 2 cc per liter air.
  1. Kutu Hijau : hama kutu hijau tidak jauh berbeda dengan kutu coklat. Kutu hijau juga menyerang daun dan ranting muda pada tanaman sawo. Kutu ini mnyerap cairannya. Kutu hijau menghasilkan sejenis embun madu yang dapat menarik perhatian hama lain untuk ikut mendekat. Mengatasi kutu hijau dengan cara menyemprotkan insektisida seperti basudin 50 EC dengan dosis 2 cc per liter air.
  1. Jamur Jelaga : Merupakan salah satu penyakit tanaman sawo yang ditimbulkan oleh hama kutu hijau yang tidak segera diatasi. Gejala yang timbul pada daun dan ranting adalah munculnya warna hitam yang menutupu bagian daun dan ranting. Daun dan ranting yang terkena jamur jelaga akan terganggun proses fotosintesisnya. Jika dibiarkan saja penyakit ini akan memebuat buah sawo mengalami kerontokan. Cara mengatasi penyakit ini dengan menyemprotkan fungisida seperti antracol 70 WP berdosis 2 gr per liter air.
  1. Jamur Upas : Jamur upas penyebarannya dibantu oleh angin. Jamur ini mulanya berbentuk seperti jaring tipis dan mengkilat. Perlahan – lahan akan membuat kulit tanaman sawo menjadi busuk. Untuk mengatasi jamur upas dengan cara menggosok bagian yang terkena jamur dan olesi cat mehi atau ter. Jika dirasa belum berhasil, gunakan fungisida cupravit OB 21 dosis 4 gr per liter air.
  1. Hawar Benang Putih : Penyakit yang menyerang batang kulit dan cabang tanaman sawo ini menimbulkan jamur putih yang membuat ranting dan daun mengering. Untuk mengatasi penyakit ini dengan mengurangi kelembapan daun dan berikan fungisida seperti bentale dosis 2 gr per liter air.
  1. Busuk Buah : Gejala yang timbul muncul bercak hitam pada buah dan menyebar keseluruh buah sehingga daging buah membusuk dan rontok. Cara mengatasinya dengan memotong buang yang terinfeksi dan semprotkan fungisida seperti dithane M-45 80 WP.

0sem comentários ainda

    Enviar um comentário

    Os campos são obrigatórios.

    Se você é um usuário registrado, pode se identificar e ser reconhecido automaticamente.

    Cancelar

    Itu SEO

    0 amigos

    Nenhum(a)