Ir para o conteúdo
Mostrar cesto Esconder cesto
Voltar a Blog
Tela cheia

Manfaat Dan Bidang _ Bidang Akuntansi

5 de Dezembro de 2018, 10:11 , por Itu SEO - 0sem comentários ainda | Ninguém está seguindo este artigo ainda.
Visualizado 3 vezes

1/Akuntansi Keuangan / ‘Financial Accounting’

Bidang ini erat hubungannya dengan bidang – bidang yang terkait dengan sistem akuntansi untuk suatu kegiatan ekonomi yang brsifat totalitas. Adapun bagian dari bidang ini adalah hal – hal terkait dengan pelaporan keuangan yang akan diberikan untuk pihak – pihak dari luar perusahaan. Informasi yang dikumpulkan nantinya adalah serba guna / ‘general purpose’.

Akuntansi keuangan adalah salah satu bidang akuntansi yang kegiatan utamanya melakukan / mencakup kegiatan pencatatan transaksi keuangan yang sedang terjadi bertujuan untuk mampu menyajikan informasi keuangan yang meliputi neraca sebagai komponen utama, informasi untung rugi, dan informasi perubahan modal atau laba ditahan untuk jangka waktu tertentu. Informasi yang nantinya dikeluarkan adalah bermanfaat besar untuk pihak – pihak yang membutuhkan sebagai informasi yang digunakan untuk pengambilan keputusan dan kebijakan – kebijakan yang bersifat logis dan relevan.

2/Pemeriksaan Akuntansi / ‘Auditing’

Yang dimaksud dengan pemeriksaan akuntansi / auditing adalah bidang akuntansi yang melaporkan aktivitas berupa pemeriksaan terhadap hasil dari pencatatan dan mengolahnya menjadi informasi keuangan terhadap suatu lembaga, baik itu terhadap pemeriksaan terhadap perolehan pencatatan dan informasi keuangan suatu lembaga, baik itu berupa perusahaan ataupun pemerintah.

Bidang tersebut di atas erat hubungannya dengan ‘audit’ yang dilakukan secara bebas terhadap informasi yang didapat melalui pengaplikasian akuntansi keuangan. Dimana diketahui bahwa tujuan utama audit adalah agar informasi akuntansi yang diperoleh memiliki kemampuan untuk menjelaskan tujuan seperti ketaatan dan disiplin terhadap kebijakan yang sudah dibuat, metode – metode serta bagaimana membandingkan secara efisiensi dan efektifitas terhadap sebuah kegiatan. Landasan dari auditing adalah ‘objektifitas’ dan ‘independensi’ terhadap pemeriksa termasuk di dalamnya kerahasiaan serta pengumpulan bukti – bukti kegiatan yang relevan.

3/Akuntansi Manajemen / ‘Management Accounting’

Yang dimaksud dengan akuntansi manajemen adalah salah satu bidang akuntansi yang memiliki tujuan memberikan informasi kepada pihak manajemen di dalam melakukan kegiatan / usaha.

Beberapa manfaat dari akuntansi manajemen adalah untuk mengendalikan kegiatan – kegiatan perusahaan, salah satunya adalah memantau arus kas, dan membandingkan alternatif untuk nantinya mudah dalam melakukan pengambilan keputusan.

4/Akuntansi Biaya / ‘Cost Accounting’

Yang dimaksud dengan akuntansi biaya adalah salah satu bidang akuntansi yang mengkhusus mencatat dan menjumlahkan kegiatan – kegiatan akuntansi untuk selanjutnya melakukan analisis informasi biaya terhadap sebuah perusahaan industri dalam upaya mereka melakukan pengambilan keputusan tentang besarnya harga pokok produksi terhadap sebuah benda / jasa / produk keduanya.

Baca Juga :

Bidang akuntansi ini menegaskan tentang pengawasan dan penetapan berlandaskan biaya – biaya yang telah dikeluarkan. Lebih memfokus kepada biaya – biaya yang telah dikeluarkan guna mengarahkan terhadap pemutusan biaya menurut kegiatan masing – masing.

5/Akuntansi Perpajakan

Yang dimaksud dengan perpajakan adalah salah satu bidang akuntansi yang membahas dan menegaskan tentang permasalahan pajak yang merupakan kewajiban untuk dibayar oleh perusahaan – perusahaan yang bersangkutan atau perseorangan kepada pemerintah. Di dalam aplikasi perpajakan akan mengulas tentang hukum – hukum beserta perhitungan – perhitungan untuk usaha memutuskan besarnya pajak yang hendak dibalas.

Demikian kami mengulas secara singkat tentang manfaat akuntansi untuk lebih mudah dipahami dan dimengerti oleh yang membutuhkan.


0sem comentários ainda

    Enviar um comentário

    Os campos são obrigatórios.

    Se você é um usuário registrado, pode se identificar e ser reconhecido automaticamente.

    Cancelar

    Itu SEO

    0 amigos

    Nenhum(a)