Ir para o conteúdo
Mostrar cesto Esconder cesto
Voltar a Blog
Tela cheia

Pengertian, Fungsi, Struktur Dan Kaidah Teks Anekdot

11 de Dezembro de 2018, 11:35 , por Itu SEO - 0sem comentários ainda | Ninguém está seguindo este artigo ainda.
Visualizado 7 vezes

Pengertian, Fungsi, Struktur Dan Kaidah Teks Anekdot - Melalui postingan kami kali ini akan membahas materi tentang hal – hal terkait dengan ‘teks anekdot’.

Adapun hal – hal mendasar yang perlu diberikan perhatian khusus adalah pengertian, ciri – ciri, struktur, tujuan, serta kaidah kebahasaan dari teks anekdot. Masing – masing tema akan disajikan ke dalam bentuk yaitu berupa bagian – bagian sebagai.

Pada tahap pertama akan membahas tentang pengertian dari teks anekdot dimana bagian ini berfungsi agar pembaca mengetahui lalu mengenal apa itu yang dimaksud dengan teks anekdot sebelum nantinya akan dilanjutkan ke bagian kedua tentang tujuan / fungsi, struktur, dan terakhir adalah kaidah kebahasaan dari teks anekdot yang dimaksud.

Yang dimaksud dengan teks anekdot merupakan sebuah rangkaian atau karangan berupa cerita atau sekumpulan kisah yang dapat dijadikan sebagai dasar atau pegangan terhadap pengalaman hidup seseorang ditulis sedemikian menarik namun singkat dan pendek serta terselip beberapa kalimat lucu tentang beragam topik seperti politik, pendidikan, hukum, sindiran, kritikan dan lain sebagainya.

Langkah selanjutnya, di dalam teks anekdot juga berisikan visi / misi, amanat, pesan moral, serta ungkapan yang membahas tentang sebuah kebenaran secara umum.

Struktur Dan Kaidah Teks Anekdot

Teks anekdot mempunyai masing – masing struktur guna melengkapi proses pembentukannya. Struktur teks anekdot antara lain bersifat ‘abstraksi’, ‘orientasi’, ‘event – event’, krisis, reaksi, ‘koda’ dan ‘reorientasi’.

Untuk memperjelas tentang masing – masing bagian dari struktur dan kaidah teks anekdot, maka anda dapat menyimak penjelasannya di bawah ini :

  1. Abstraksi merupakan bagian teks yang letaknya pada bagian awal sebuah paragraph dimana bagian ini masing – masing berisikan gambaran awal tentang isi teks anekdot.
  2. Orientasi yaitu bagian yang berisikan awal mula dan latarbelakang terjadinya sebuah peristiwa atau kejadian – kejadian yang berlangsung dalam teks.
  3. Event berisikan rangkaian proses peristiwa yang terjadi dalam teks.
  4. Krisis berisikan tentang permunculan permasalahan yang berlangsung dalam teks anekdot.
  5. Reaksi berisikan langkah – langkah penyelesaian masalah yang muncul di dalam bagian krisis.
  6. Koda pada bagian ini berfungsi memunculkan perubahan yang berlangsung pada tokoh dalam teks.
  7. Re – orientasi merupakan bagian akhir dari teks yang berfungsi sebagai penutup dari teks itu sendiri.

Sedangkan teks anekdot terhubung dengan kaidah kebahasaan agak berbeda dari jenis teks lainnya. Kaidah – kaidah teks anekdot kebahasaan dapat kalian lihat penjelasannya tersebut di bawah ini :

  • Mengaplikasikan kata – kata untuk keterangan waktu lampau,
  • Mengaplikasikan kata – kata penghubung,
  • Terdapat pengaplikasian kata kerja,
  • Mengenal urutan peristiwa berdasarkan atas waktu,
  • Mengaplikasikan pertanyaan retorik yaitu kalimat pertanyaan yang tak mengharuskan untuk dijawab.

Demikian ulasan kami dengan singkat tentang pengertian, fungsi, struktur, dan kaidah teks anekdot, semoga bermanfaat bagi para pembaca yang baik hati.

Baca Juga :


0sem comentários ainda

    Enviar um comentário

    Os campos são obrigatórios.

    Se você é um usuário registrado, pode se identificar e ser reconhecido automaticamente.

    Cancelar

    Itu SEO

    0 amigos

    Nenhum(a)