Ir para o conteúdo
Mostrar cesto Esconder cesto
Voltar a Blog
Tela cheia

Pengertian, Jenis, Dan Sifat - Sifat Gen

29 de Outubro de 2018, 11:23 , por Itu SEO - 0sem comentários ainda | Ninguém está seguindo este artigo ainda.
Visualizado 8 vezes

Melalui artikel kami kali ini akan menjelaskan dengan singkat saja tentang pengertian, jenis dan sifat – sifat gen guna menambah wawasan dan pengetahuan yang bermanfaat untuk diketahui.

Pengertian Gen

Yang dimaksud dengan Gen adalah rangkaian dari unit pewarisan sifat bagi organisme hidup pada mahkluk hidup. Adapun bentuk fisik dari gen adalah berdasarkan atas urutan DNA dan Protein, ‘Polipeptida’, atau rangkaian RNA yang berfungsi sangat penting bagi organisme yang menyelimutinya. Sedangkan untuk gen pembatasan modern adalah sebuah lokasi tertentu di area ‘Genom’ yang erat hubungannya dengan warisan sifat lalu dihubungkan dengan fungsi sebagai media pengendali dan menuju kepada sasaran ‘transkripsi’ yang berperan secara fungsional.

Jenis Gen

Berdasarkan atas ‘ekspresi’ gen, proses kode yang bersifat informasi di dalam gen diubah menjadi Protein yang akan melakukan kegiatan hanya di dalam sel saja. Nah ekspresi gen selanjutnya terdiri dari 2 jenis tahapan yaitu :

1/Jenis tahapan ‘transkripsi’ merupakan sebuah proses pembuatan salinan RNA.

2/Jenis tahapan ‘translasi’ merupakan sebuah proses ‘Sintesis Polipeptida’ yang memiliki sifat mengkhusus di dalam ‘Ribosom’.

Mengenal Sifat – Sifat Gen

Gen secara garis besar bersifat turun – temurun yang mempunyai fungsi sebagai berikut :

1/Sebagai media untuk menyampaikan informasi genetik dari generasi ke generasi.

2/Sebagai media untuk mengontrol dan mengatur metabolisme tubuh beserta perkembangannya.

3/Sebagai media untuk memilih dan menentukan sifat – sifat pada keturunan masing – masing seperti ditemukan dan dicocokkan dalam fakta – fakta di masa depan. Contohnya adalah sifat – sifat yang ada pada bentuk rambut, bentuk tubuh, warna kulit dan lain sebagainya.

4/Sebagai media dimana tempat terjadinya sebuah proses reaksi kimia di dalam tubuh mahkluk hidup yang terjadi secara berurutan. Pada masing – masing tahap reaksi adalah berisikan enzim yang dibutuhkan oleh tubuh. Nah inilah pekerjaan rutin yang dilakukan oleh gen. Juga membantu membangun hormon tubuh adalah urusan gen.

5/Sebagai media untuk memanfaatkan gen dalam rangkaian percakapan sehari – hari contohnya adalag gen pintar, gen warna rambut yang indah, dan gen warna mata adalah dimaksudkan untuk menjadi pilihan yang bervariasi disediakan oleh gen. Meskipun antara manusia yang satu dengan yang lainnya bisa saja memiliki gen serupa namun orang lebih suka untuk menggunakan atau mengaplikasikan ekspresi gen yang bersifat ‘fenotif’ yaitu berbeda – beda.

Baca Juga :

Nah gen yang diwariskan oleh seorang individu adalah untuk keturunan mereka masing – masing melalui sebuah proses reproduksi, bersama – sama dengan DNA yang membawa dan menyebarkan gen itu sendiri. Maka dari itu informasi yang dibutuhkan selanjutnya adalah yang berfungsi untuk menjaga keutuhan bentuk dan fungsi kehidupan pada sebuah organisme wajib dipertahankan.

Semoga bermanfaat !


0sem comentários ainda

    Enviar um comentário

    Os campos são obrigatórios.

    Se você é um usuário registrado, pode se identificar e ser reconhecido automaticamente.

    Cancelar

    Itu SEO

    0 amigos

    Nenhum(a)