Ir para o conteúdo
Mostrar cesto Esconder cesto
Voltar a Blog
Tela cheia

Pengertian Kemasan

24 de Agosto de 2019, 8:27 , por Itu SEO - 0sem comentários ainda | Ninguém está seguindo este artigo ainda.
Visualizado uma vez

Pengertian Kemasan - Kemasan adalah wadah maupun disebut juga sebagai pembungkus yang berguna sekali untuk dapat mencegah atau meminimalkan kerusakan pada barang yang dikemas atau dibungkus. Sedangkan definisi proses pengemasan ialah sebuah proses pemberian wadah atau pembungkus suatu produk.

Pemahaman pengemasan juga dapat diartikan sebagai sistem terstruktur sedemikian rupa sehingga barang / produk disiapkan sehingga mereka dapat didistribusikan, dijual, disimpan dan digunakan.

Tujuan utama pengemasan produk adalah untuk melindungi dan mencegah kerusakan pada apa yang dijual industri. Selain itu, pengemasan juga bisa menjadi sarana informasi dan pemasaran yang baik dengan menciptakan desain kemasan kreatif yang lebih menarik dan mudah diingat oleh konsumen.

Fungsi kemasan menurut para ahli

Menurut Simamora, ada dua fungsi pengemasan yang disediakan untuk suatu produk, yaitu fungsi perlindungan dan fungsi promosi. Penjelasan berikut:

  1. Fungsi kemasan pelindung

Fungsi perlindungan berarti bahwa kemasan berfungsi sebagai pelindung atau keamanan produk untuk hal-hal yang dapat merusak produk, seperti cuaca, proses distribusi, dan lainnya.

Kemasan yang melindungi produk akan menghindari kerusakan dan risiko cacat yang dapat merusak pembeli atau penjual.

  1. Fungsi pengepakan promosi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kemasan juga dapat berfungsi sebagai media promosi atau pemasaran. Ini bisa dilakukan dengan membuat paket yang menarik, baik dari segi desain, warna, ukuran dan lain-lain.

Sedangkan fungsi umum dari pengemasan adalah:

  • Self service, Kemasan menunjukkan karakteristik suatu produk yang dijual, sehingga setiap produk harus berbeda satu sama lain.
  • Consumer affluence, Kemasan yang menarik dapat memengaruhi konsumen sehingga mereka bersedia membayar lebih.
  • Company and brand image, kemasannya adalah citra merek perusahaan, jadi itu mungkin identitas yang salah bagi perusahaan untuk diketahui publik.
  • Peluang inovatif; Kemasan yang inovatif dapat menguntungkan konsumen dan menguntungkan perusahaan.

Manfaat pengemasan dan tujuannya

Ada tujuh manfaat dan tujuan pembuatan suatu produk / kemasan produk. Penjelasan berikut:

  1. Produksi fisik; Tujuan pengepakan adalah untuk melindungi produk / barang dari suhu, getaran, guncangan, tekanan, dll.
  2. Perlindungan penghalang; Pemasangan kemasan dalam suatu produk / artikel bertujuan untuk melindunginya dari hambatan oksigen, uap air, debu, dll.
  3. Penahanan atau aglomerasi; Pengemasan produk juga bertujuan untuk bersama-sama membuat proses penanganan dan transportasi lebih efisien.
  4. Transmisi informasi; Anda juga dapat mengamati kemasan tentang cara menggunakan transportasi, mendaur ulang, dan membuang paket atau label.
  5. Pengurangan pencurian; Pemasangan kemasan dalam produk / barang juga bertujuan untuk mencegah pencurian dengan mengamati kerusakan fisik pada kemasan.
  6. Kenyamanan; Pengemasan adalah fitur yang menambah kenyamanan dalam distribusi, penanganan, penjualan, tampilan, pembukaan, penutupan kembali, penggunaan dan penggunaan kembali.
  7. pemasaran; Penjual dapat menggunakan desain pengemasan dan label untuk mendorong pembeli potensial untuk membeli produk.

Di atas itulah merupakan penjelasan tentang pengertian kemasan, tujuan, fungsi dan manfaat dari sebuah kemasan. Selain itu juga memang perlu anda ingat jika kemasan adalah identitas perusahaan, oleh karena itu, cobalah jika ada pembaruan kemasan yang tidak jauh berbeda dari desain yang ada sebelumnya.


0sem comentários ainda

    Enviar um comentário

    Os campos são obrigatórios.

    Se você é um usuário registrado, pode se identificar e ser reconhecido automaticamente.

    Cancelar

    Itu SEO

    0 amigos

    Nenhum(a)