Ir para o conteúdo
Mostrar cesto Esconder cesto
Voltar a Blog
Tela cheia

pengertian, macam dan manfaat Ijtihad

29 de Novembro de 2018, 11:58 , por Itu SEO - 0sem comentários ainda | Ninguém está seguindo este artigo ainda.
Visualizado 11 vezes

Melalui artikel kami kali ini akan membahas tentang pengertian, macam dan manfaat Ijtihad yang bisa dijadikan sebagai sebuah panutan dalam menjalani kehidupan sehari – hari bagi yang sudah memahami.

Yang dimaksud dengan pengertian ‘Ijtihad’ menurut ‘terminologi’ adalah perasaan untuk mencurahkan segenap kemampuan yang ada di dalam diri sendiri berhubungan dengan tindakan untuk melakukan pencarian ‘syariat’ melalui cara – cara tertentu.

Pengertian Ijtihad merupakan salah satu sumber hukum dalam ajaran Agama Islam yang ketiga setelah ‘Al-Quran’ dan ‘Hadits’.

Sedangkan pengertian Ijtihad menurut umum adalah usaha yang dilakukan dengan kesungguhan hati untuk mampu mengambil keputusan secara bersungguh – sungguh dalam hubungannya guna menyelesaikan sebuah perkara yang tidak dibahas secara lengkap dalam Al-Quran atau Hadits dimana wajib memiliki syarat untuk melakukan keputusan tersebut secara matang dengan akal sehat.

Macam – Macam Ijtihad

Berikut ini akan kami berikan tentang macam – macam Ijtihad adalah sebagai berikut :

  1. Ijma adalah kesepakatan hukum yang sudah dilakukan bersumber dari musyawarah yang kerap dilakukan oleh para ulama besar dalam menyelesaikan sebuah perkara yang tidak memiliki landasan hukum di dalam Al-Quran atau Hadits.
  2. Qiyas merupakan sebuah tindakan untuk menyamakan dengan cara menetapkan sebuah hukum melalui perkara baru yang sebelumnya belum pernah terjadi namun sudah mempunyai kesamaan dalam hal manfaat, sebab, bahaya atau beragam aspek lainnya dalam sebuah perkara sehingga hukumnya adalah sama.
  3. Maslahah Mursalah adalah sebuah cara yang erat kaitannya dalam menetapkan hukum mengacu kepada dasar – dasar untuk pertimbangan mendapatkan manfaat dan kegunaan di dalamnya.
  4. Saddu Adzari’ah adalah sebuah cara dalam memutuskan sebuah perkara yang sifatnya haram untuk tujuan pemenuhan kepentingan bersama dan antar umat.
  5. Istishab merupakan sebuah tindakan untuk melakukan dan melaksanakan sebuah ketentuan hingga yang bersangkutan mampu menemukan alasan untuk bisa mengubahnya.
  6. ’Uruf adalah sebuah tindakan guna menetapkan sebuah perkara berdasarkan kepada adat istiadat yang ketika itu sedang berlaku dalam masyarakat yang tentu saja tak bertentangan dengan ajaran – ajaran Al-Quran dan Hadits.
  7. Istihsan adalah tindakan dengan cara meninggalkan sebuah hukum terhadap hukum lainnya dimana kondisi ini disebabkan karena erat hubungannya dengan hukum ‘syara’ dimana mengharuskan anda untuk meninggalkan hukum lama.

Manfaat Dari Ijtihad

Manfaat yang bisa diberikan melalui Ijtihad adalah :

  1. Anda dapat mengenal dan mengetahui tentang hukum yang ada untuk permasalahan – permasalahan baru yang dialami oleh umat Islam sehingga mampu memperkaya bagian dari hukum Islam tersebut agar senantiasa berkembang dan mampu menjawab tantangan di setiap zaman.
  2. Untuk menyesuaikan hukum berdasarkan atas adanya perubahan – perubahan waktu yang disesuaikan dengan kondisi sedang terjadi.
  3. Menetapkan ‘fatwa’ untuk masing – masing permasalahan yang muncul namun tidak memiliki hubungan dengan kondisi haram atau halal.
  4. Membantu umat Islam dalam menyelesaikan masing – masing masalah yang landasan hukumnya belum tertulis di dalam Al-Quran dan Hadits.

Nah demikian informasi singkat yang bisa kami jelaskan semoga bermanfaat !

Baca Juga :


0sem comentários ainda

    Enviar um comentário

    Os campos são obrigatórios.

    Se você é um usuário registrado, pode se identificar e ser reconhecido automaticamente.

    Cancelar

    Itu SEO

    0 amigos

    Nenhum(a)