Ir para o conteúdo
Mostrar cesto Esconder cesto
Voltar a Blog
Tela cheia

Pengertian Penyakit Thalassemia

9 de Março de 2019, 1:42 , por Itu SEO - 0sem comentários ainda | Ninguém está seguindo este artigo ainda.
Visualizado 2 vezes

Pengertian Penyakit ThalassemiaSelamat malam semuanya , kali ini kita akan membahas sedikit tentang penyakit thalassemia mungkin sebagian dari kita masih awam dan belum tau mengenai penyakit yang satu ini , kurang lebih nya thalassemia adalah penyakit kelainan darah yang diakibatkan oleh faktor genetika dan menyebabkan protein yang ada di dalam sel darah merah ( hemoglobin ) tidak berfungsi secara normal.

Zat besi yang diperoleh oleh tubuh melalui makanan digunakan sumsum tulang untuk menghasilkan hemoglobin , hemoglobin yang terdapat dalam sel darah merah berfungsi untuk mengantarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh anggota tubuh , penderita thalassemia memiliki kadar hemoglobin yang rendah biasanya , dan oleh karena itu tingkat oksigen dalam tubuh penderita thalassemia juga lebih rendah.

Perlu diketahui bahwa terdapat 2 jenis thalassemia yang terjadi , yaitu alfa dan beta , dimana kedua jenis ini memiliki kaitan gen yang menentukan kadar keparahan dari penyakit yang diturunkan ini , thalassemia beta merupakan jenis yang leih sering terjadi , penyakit thalassemia dapat mengganggu aktivitas yang dijalani sehari – hari dikarenakan oksigen yang lemah dalam tubuh.

Beberapa hal yang dapat dialami oleh pendiritanya adalah letih , mudah mengantuk , pingsan hingga kesulitan untuk bernafas , selain itu juga penanganan yang salah atau tidak tepat dapat mengakibatkan komplikasi seperti gagal jantung , pertumbuhan yang terhambat karena organ yang rusak , gangguan hati , dan yang lebih parah nya adalah kematian.

Penyebab dari penyakit yang satu ini , mutase DNA yang memproduksi hemoglobin pembawa oksigen kesuluruh tubuh merupakan penyebab seseorang menderita penyakit thalassemia , namun belum diketahui dengan pasti kenapa mutase tersebut terjadi ,beberapa contoh gejala dari penyakit yang satu ini adalah berat badan yang rendah , sesak napas , mudah lelah dan sakit kuning .

Hal paling baik adalah dengan menerapkan pola hidup sehat , dibarengin dengan olahraga agar kita bisa meminimalisir penyakit yang akan dating pada diri kita .

Baca Juga :

Nah mungkin hanya itu saja untuk artikel kali ini sekian saja dan terimakasih semoga bisa membantu , jangan lupa share artikel ini , sekian dan terimakasih.


0sem comentários ainda

    Enviar um comentário

    Os campos são obrigatórios.

    Se você é um usuário registrado, pode se identificar e ser reconhecido automaticamente.

    Cancelar

    Itu SEO

    0 amigos

    Nenhum(a)