Ir para o conteúdo
Mostrar cesto Esconder cesto
Voltar a Blog
Tela cheia

Pengertian, Proses, Dan Contoh Difusi

6 de Novembro de 2018, 14:31 , por Itu SEO - 0sem comentários ainda | Ninguém está seguindo este artigo ainda.
Visualizado 3 vezes

Melalui artikel kami kali ini akan membahas tentang pengertian, proses, dan contoh Difusi untuk bisa dipahami oleh orang awam sehingga mampu membedakannya ketika proses sedang berlangsung.

Yang dimaksud dengan ‘Difusi’ adalah suatu peristiwa atau kejadian dimana berpindahnya sebuah zat ke dalam pelarut yang merupakan bagian dari proses dengan konsentrasi tinggi ke bagian yang memiliki konsentrasi rendah.

Berhubungan dengan proses konsentrasi, terdapat beberapa perbedaan kecil yang terdapat di dalam dua jenis larutan tersebut di atas dimana proses ini diberi nama ‘gradien konsentrasi’.

Difusi akan terus mengalami perubahan – perubahan hingga menemukan masing – masing partikel mulai menyebar dengan merata atau sebuah kondisi dimana proses yang terjadi sudah mencapai keadaan yang berimbang disertai dengan perpindahan molekul yang bersifat tetap dan peristiwa ini terjadi begitu saja tanpa didahului oleh perbedaan konsentrasi atau gradien konsentrasi.

Baca Juga :

Agar mampu beroperasional dengan berimbang maka kecepatan Difusi harus dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain memperhatikan ukuran partikel dimana ukuran partikel yang semakin kecil menandakan bahwa semakin cepat partikel mampu bergerak sehingga semakin tinggi kecepatan Difusi. Yang kedua adalah tergantung dari ketebalan membran yaitu jika kondisi semakin tebal maka kecepatan Difusi semakin lambat. Selanjutnya adalah memperhatikan luas suatu area, dimana semakin besar dari luas area maka kecepatan Difusi semakin tinggi. Yang keempat adalah tergantung dari jarak, dimana semakin besar jarak antara dua konsentrasi maka kecepatan Difusi mulai melambat dan yang terakhir adalah tergantung dari suhu. Suhu tinggi berpengaruh terhadap partikel yaitu mudah memperoleh cadangan energi untuk bergerak dengan cepat sehingga semakin cepat pula Difusi melakukan proses.

Mengenal Proses Difusi

Seperti yang kami jelaskan tersebut di atas, proses Difusi terjadi saat adanya peristiwa dimana terjadi perpindahan partikel terhadap sebuah zat yang terdiri dari zat padat, gas maupun cair dari sebuah tempat khusus memiliki konsentrasi tinggi ke media yang berkonsentrasi rendah dan proses ini wajib melalui sebuah membran.

Selanjutnya proses yang terjadi dikenal dengan nama proses transportasi yang tidak begitu banyak membutuhkan energi sehingga akan memunculkan proses transportasi pasif. Nah mengapa bisa muncul kondisi seperti ini ? Jawabannya adalah karena adanya kekuatan dorong yang cukup kuat berasal dari energi yang mempunyai sumber yaitu melalui gerak acak partikel untuk proses Difusi itu sendiri. Sebuah partikel akan mampu melewati membran jika memenuhi syarat yaitu partikel – partikel tersebut sudah membentuk partikel dengan ukuran kecil dan sederhana serta mampu larut dengan mudah di dalam lemak apalagi air.

Contoh – Contoh Difusi

Untuk memudahkan orang awam mengerti tentang apa itu Difusi maka bisa melihat contoh ini, saat anda memberikan sesendok gula putih pada secangkir cairan teh, dimana selanjutnya cepat atau lambat cairan teh akan berasa manis sebagai akibat anda menambahkan gula putih ke dalamnya yang jika diaduk maka akan menyatu dengan air teh itu sendiri.

Baca Juga :

Contoh kedua adalah uap air yang keluar melalui cerek akan mengalami proses Difusi dengan udara. Difusi yang terjadi dalam hubungannya dengan kondisi ini adalah Difusi Molekuler yang terjadi jika berhasil membentuk perpindahan terhadap sebuah lapisan molekul diam dari sebuah proses yang solid.

Demikian kami mengulas semoga bermanfaat !


0sem comentários ainda

    Enviar um comentário

    Os campos são obrigatórios.

    Se você é um usuário registrado, pode se identificar e ser reconhecido automaticamente.

    Cancelar

    Itu SEO

    0 amigos

    Nenhum(a)