Ir para o conteúdo
Mostrar cesto Esconder cesto
Voltar a Blog
Tela cheia

10 Tempat Wisata di Ende Terhits Dikunjungi

10 de Novembro de 2020, 22:12 , por FastTravel - 0sem comentários ainda | Ninguém está seguindo este artigo ainda.
Visualizado 75 vezes

Tempat wisata ende

Ende adalah salah satu kota di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Di kota ini, Anda akan menemukan sedikit sejarah Indonesia, atau belajar menenun kain tradisional, atau bahkan menikmati matahari terbenam di pantai. Jika Anda sudah selesai dengan hal-hal yang dapat dilakukan di Flores, maka Anda mungkin mengunjungi beberapa situs yang disebutkan setelah ini. Namun, masih banyak atraksi yang tersedia di sana untuk Anda nikmati. Berikut 10 tempat wisata di Ende terhits yang akan menenangkan jiwa dan raga Anda, yuk simak!

1. Danau Kelimutu

Terletak di peti Gunung Kelimutu, Anda perlu berkendara sekitar 2 jam dari pusat kota. Situs ini memiliki tiga danau berbeda. Yang terdalam bernama Tiwu Nua Muri Koo Fai, yang diyakini penduduk setempat sebagai danau untuk kaum muda dan wanita. Di tenggara, ada danau lain bernama Tiwu Ata Polo yang berarti “danau yang menakjubkan”. Ketiga adalah Tiwu Ata Mbupu atau telaga untuk para sesepuh.

Bagi penduduk setempat, tempat ini dikeramatkan bagi mereka sehingga tidak ada bangunan modern di sekitar lokasi tersebut. Daya tarik yang terkenal dari situs ini adalah warna danau yang terus berubah setiap saat dan tidak ada pola perubahannya. Terkadang berwarna hijau, biru, merah, dan bahkan hitam. Fenomena menakjubkan masih dalam penelitian. Lebih baik Anda merencanakan perjalanan Anda ke situs yang menakjubkan ini!

2. Desa Waturaka

Terletak di kaki Gunung Kelimutu, Anda akan melewati desa ini jika ingin pergi ke Danau Kelimutu. Tapi jangan begitu saja! Desa ini menawarkan kepada Anda beberapa wisata alam yang dapat Anda nikmati setelah berjalan-jalan melelahkan ke danau, seperti berkebun, memanen, bahkan membantu warga sekitar untuk membangun rumah tradisionalnya. Anda juga bisa tinggal satu atau dua malam di desa, karena mereka menyediakan kamar ekstra untuk home stay. Jika beruntung, Anda juga bisa menikmati pertunjukan lokal di sana.

Banyak turis lokal dan mancanegara yang sudah memiliki pengalaman hebat di desa ini. Semoga Anda juga memiliki pengalaman sendiri di sana!

3. Air Terjun Kedebodu

Hanya berjarak 13 km dari pusat kota, Anda akan menemukan keindahan tersembunyi di Desa Kedebodu. Air Terjun Kedebodu memberikan sensasi menyegarkan dengan air terjun setinggi 35 meter. Di bawah air terjun, Anda bisa mencelupkan kaki yang lelah ke air yang dingin atau Anda juga bisa berenang sejenak.

Tetapi Anda harus memeriksa cuaca setiap kali Anda memiliki rencana, karena tidak akan baik jika Anda sampai di sana pada musim hujan. Dan juga Anda perlu mempersiapkan barang-barang Anda, karena Anda akan berjalan-jalan sebentar dan barang-barang tersebut pasti akan membuat tidak nyaman. Jadi rencanakan perjalanan Anda di sini dengan hati-hati agar Anda mendapatkan kondisi terbaik dari situs ini!

4. Air Terjun Murundao

Jika masih kurang puas dengan air terjun sebelumnya, maka Ende masih memiliki keindahan lain yang bisa ditawarkan. Air Terjun Murundao sedikit lebih jauh dari Air Terjun Kedeboku, sekitar 60 km dari pusat kota. Namun jangan khawatir untuk berjalan kaki, Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 200 meter setelah Anda memarkir kendaraan. Anda akan melewati jembatan bambu di sepanjang jalan, sebelum Anda dapat menemukan air terjun di dekatnya.

Angin dingin dan air yang jernih akan menenangkan kaki Anda yang lelah. Atau Anda bisa berenang sebentar, tetapi tidak ada ruang ganti atau fasilitas apa pun di sana. Namun Anda akan dimanjakan dengan suasana yang masih alami, jadi jangan lupa untuk mengunjungi air terjunnya juga!

5. Perkemahan Sokolo'o

Perkemahan ini berjarak sekitar 40 km dari Ende, dan menawarkan pemandangan indah dengan danau pemancingan. Ini adalah tempat yang sangat bagus untuk mendirikan tenda Anda di sana sambil menangkap ikan untuk makan malam. Untuk para backpacker, ini adalah tempat yang tepat untuk mendirikan kemah sementara Anda dan Anda dapat menjelajahi keindahan lain yang tersembunyi di sekitar situs. Saat itu tempat acara Pramuka Nusa Tenggara. Jika Anda ingin berkeliling Ende dan ingin tantangan di dalamnya, ini adalah situs yang sempurna!

Tapi Anda harus memastikan barang bawaan Anda, karena untuk sampai ke sini cukup jauh dan terlalu banyak barang bawaan akan merepotkan. Dan jika Anda membawa terlalu sedikit, Anda mungkin menghadapi masalah di sana karena fasilitas umum sulit ditemukan, Jadi bijaklah dengan barang bawaan Anda!

6. Desa Wologai

Tidak terlalu jauh dari Perkemahan Sokolo'o, Desa Wologai berjarak sekitar 37 km dari Ende. Jika Anda datang ke desa ini, Anda bisa melihat pohon besar yang diyakini penduduk setempat seusia dengan berdirinya desa tersebut. Usia desa itu sendiri sudah mencapai 800 tahun!

Desa ini masih memegang kepercayaan dan beberapa ritual sakral, dan masih menggunakan rumah adat. Rumah-rumah tersebut memiliki tiga bentuk utama yang berbeda dengan penggunaan yang berbeda pula. Ada rumah untuk kehidupan sehari-hari, rumah untuk menyimpan bahan-bahan suci, dan rumah untuk tempat ritual. Ini adalah tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi, karena Anda dapat melihat seluruh desa dengan ditemani oleh penduduk setempat!

7. Desa Koanara

Koanara atau biasa dikenal dengan Desa Koanara Moni adalah sebuah desa yang berada di kaki Gunung Kelimutu. Desa ini memang tidak setua Wologai, namun keindahan yang mereka tawarkan tak kalah dengan Wologai.

Anda bisa melihat beberapa rumah adat unik yang atapnya hampir mencapai permukaan tanah. Di sana Anda akan mengetahui bahwa mereka juga memiliki tiga rumah yang berbeda.

Satu untuk kehidupan sehari-hari, satu untuk menyimpan padi setelah dipanen, dan yang terakhir untuk menyimpan tulang leluhur. Kedengarannya memang menyeramkan, namun kehangatan penduduk desa akan membuat Anda merasa nyaman saat berkunjung ke rumahnya.

8. Rumah Pengasingan Bung Karno

Wisata satu ini sangat jauh berbeda dengan yang ada di Wisata Bandung, rumah ini adalah salah satu kegiatan utama di Ende, karena rumah inilah yang memberikan kontribusi bagi kemerdekaan Indonesia. Saat itu presiden pertama Indonesia diasingkan ke sini oleh Belanda. Bung Karno tinggal di rumah itu bersama istri, anak angkat, dan ibu mertuanya.

Semua perabotannya masih asli, dan rumah ini baru mengalami sedikit renovasi pada tahun 2012 dan diwarnai ulang pada tahun 2017. Anda akan merasakan perjuangan saat Bung Karno di pengasingan namun tetap memikirkan kemerdekaan Indonesia. Ini adalah tempat yang sangat baik untuk mengingat pengorbanan yang dilakukan saat itu, dan akan membuat Anda lebih mencintai Indonesia!

9. Taman Bung Karno

Tidak jauh dari Rumah Pengasingan, Taman Bung Karno adalah tempat Bung Karno biasa duduk dan memikirkan kemerdekaan Indonesia. Dan akhirnya Bung Karno mendapat inspirasi dari pohon sukun bercabang lima dan melahirkan Pancasila. Ada patung Bung Karno yang sedang duduk di depan sebuah kolam kecil.

Sekarang tempat ini menjadi taman umum dan semua orang dapat menikmati duduk di bawah pohon besar di sana sambil mengobrol atau bermain dengan anak-anak mereka juga. Atau mungkin Anda bisa duduk di bawah pohon sukun dan menemukan beberapa inspirasi juga!

10. Museum Tenun Ikat

Museum ini hanya berjarak 100 meter dari taman kota, dan di sini Anda bisa melihat alat-alat pembuatan kain tradisional dari Ende. Anda juga dapat melihat contoh polanya, karena masing-masing pola memiliki maknanya sendiri.

Namun sayangnya kain ini jarang terlihat akhir-akhir ini karena pembuatnya belum terlalu tertarik untuk membuat kain tersebut. Jadi untuk menjaga pembuat kainnya, pemerintah membuat museum untuk dikunjungi semua orang. Semoga Anda dapat mengunjungi museum dan memberikan kontribusi agar kain tradisional tetap ada!

Demikian 10 tempat wisata di Ende terhits yang akan menenangkan jiwa dan raga Anda. Semoga Anda bisa mengunjungi mereka dan mengabadikan kenangan indah bersama orang yang Anda cintai. Dan terakhir, bagikan kebahagiaan kepada semua orang!


0sem comentários ainda

    Enviar um comentário

    Os campos são obrigatórios.

    Se você é um usuário registrado, pode se identificar e ser reconhecido automaticamente.

    Cancelar

    FastTravel

    0 amigos

    Nenhum(a)