Ir para o conteúdo
Mostrar cesto Esconder cesto
Tela cheia

Hakikat Identitas Nasional

22 de Abril de 2019, 11:45 , por Assyfa - 0sem comentários ainda | Ninguém está seguindo este artigo ainda.
Visualizado 4 vezes

Hakikat Identitas NasionalAda baiknya sebelum berbicara tentang hakikat identitas nasional, terlebih dahulu memahami apa yang dimaksud dengan identitas nasional. Identitas nasional adalah ciri khas yang dimiliki oleh suatu bangsa dan negara dimana ciri khas tersebut dijadikan sebagai pembeda dari bangsa dan negara lainnya.

Oleh karenanya, identitas nasional berfungsi sebagai pembeda negara atau bangsa yang satu dengan lainnya. Setiap negara dan bangsa yang ada di dunia ini memiliki identitas nasional yang berbeda-beda mulai dari sifat dan karakteristiknya. Begitu juga dengan identitas nasional bangsa Indonesia akan berbeda dengan negara lain.

Berdasarkan penjelasan di atas, pada dasarnya apa yang dimaksud dengan hakikat identitas nasional? Untuk lebih jelasnya tentang hakikat identitas nasional, simak penjelasan berikut.

Proses Pembentukan Identitas Nasional

Identitas nasional tidak terbentuk dengan sendirinya melainkan terbentuk melalui proses yang panjang dimana dalam pembentukannya membutuhkan waktu dan perjuangan masyarakat yang tumbuh berkembang di dalamnya.

Alasan mengapa pembentukan identitas nasional ini membutuhkan proses yang panjang? Hal tersebut karena identitas nasional ini merupakan hasil dari kesepakatan masyarakat suatu bangsa dimana suatu bangsa yang baru merdeka akan mengalami konflik terlebih dahulu hingga mendapatkan kata sepakat.

Perlu Anda ketahui, bangsa kita yaitu Indonesia tidak mengalami konflik yang panjang dalam pembentukan identitas nasional. Hal tersebut disebabkan karena rasa senasib dalam perjuangan terlepas dari penjajahan. Namun, bangsa kita Indonesia harus melalui proses yang panjang dan membutuhkan perjuangan panjang dalam merumuskan ideologi negara yaitu Pancasila.


0sem comentários ainda

    Enviar um comentário

    Os campos são obrigatórios.

    Se você é um usuário registrado, pode se identificar e ser reconhecido automaticamente.

    Cancelar

    Assyfa

    0 amigos

    Nenhum(a)